Tips Membina Rumah Tangga Yang Harmonis

Semakin kiat dan kuat menghadapi permasalahan rumah tangga, maka akan semakin harmonis hubungan sebuah keluarga. Pun ketika banyak sekali cobaan yang terus mendera. Biasanya, ketidakharmonisan keluarga diakibatkan karena kurangnya sikap dari kedua pasangan dalam menjalani mahligai rumah tangga. Mulai dari permasalahan kecil hingga masalah besar. 

Semua masalah itu akan terus datang silih berganti sampai usia tua. Tinggal bagaimana caranya menyingkirkan masalah demi terjaga rumah tangga yang harmonis sepanjang masa. Berikut ini, Spesialis Cinta akan memberikan tips bagaimana membina rumah tangga yang harmonis sampai usia tua.
Tips Membina Rumah Tangga Yang Harmonis
Foto via: thehappyhomeproject.com
1. Hindari Membanding-bandingkan Pasangan

Jangan pernah sekali-kali membandingkan pasangan pada orang lain. Apalagi membandingkan kebaikannya. Sungguh perilaku yang membuat hati pasangan risau. Bagaimana tidak, pasangan yang harusnya menjunjung tinggi martabat, justru malah merendahkannya.


2. Tutupi Kejelekan Pasangan

Pasti, semua orang mempunyai kejelekannya sendiri. Pun bagi pasangan. Walaupun pasangan anda mempunyai kejelekan, malahan lebih banyak kejelekannya. Pastikan jangan membukanya pada siapapun. Termasuk pada mertua, apalagi pada tetangga. Hal itu akan membuat anda mengurangi cinta padanya.


3. Selalu Jaga Diri dan Keluarga

Ini wajib bagi anda. Menjaga diri agar tidak tergoda dari perbuatan sesaat, dan menjaga keluarga agar tidak melakukan hal yang sama. Karena, "jagalah dirimu, keluargamu dari siksa api neraka." Hal ini jelas, bahwasanya dengan menjaga diri dan keluarga akan semakin mempererat keharmonisan rumah tangga sampai tua.


4. Terbuka Pada Pasangan

Budayakan setiap ada masalah selalu curhat atau membagikan semua keluh kesah pada pasangan. Keterbukaan itu juga membuat pasangan anda menyakini bahwa, anda itu sangat menghormati dia. Pertahankan itu dan semua masalah akan cepat teratasi.


5. Jalin Terus Kasih Sayang

Bukan hanya saat pasangan anda berada di rumah saja, tetapi di manapun dia berada, selalu jalinlah kasih sayang itu. Supaya pasangan anda tidak tergoda dengan orang lain. Apalagi kalau pasangan anda sudah terlalu sibuk bermain sosial media. Bahaya. Selalu buat pasangan anda terus menerus berada dalam jalinan kasih sayang anda.


6. Memaafkan Lebih Baik Dipercepat

Jika pasangan anda sedang marah, atau anda sendirilah yang memarahinya. Saatnya membuka hati dan pikiran, kemudian fikirkan tentang bagaimana jika pasangan terlalu lama dimarahi. Pasti dia akan merasa sedih. Memaafkan lebih diutamakan untuk kedua pasangan agar cepat kembali pada konsep awal, membina rumah tangga yang harmonis.


7. Menerima Kenyataan Hidup Bersama Pasangan

Terimalah apapun yang diberikan pasangan anda. Terimalah jodoh yang diberikan Tuhan pada anda. Terimalah kenyataan jika pasangan anda kurang ini dan itu, kurang kaya, kurang ganteng/cantik. Menerima kenyataan hidup pasti akan selalu ada hikmahnya. Dan hikmah menerima kenyataan hidup itulah yang sunnguh sulit. Tidak semua orang bisa menjalaninya.


8. Berdo'a Pada Tuhan

Ini yang paling penting. Mendo'akan keluarga agar selalu diberkahi dengan sakinah mawaddah warrahmah. Do'a itu layaknya suara di pegunungan, jika anda berteriak, maka teriakan itu akan memantul pada dinding-dinding gunung. Sama seperti anda mendo'akan keluarga, saat anda berdo'a untuk keharmonisan rumah tangga, maka do'a itu akan selalu memantul dalam rumah anda. Inilah kehebatan do'a.


Baca Juga :