Persiapan Menikah Mulai Sejak Dini

Setelah mencari-cari jodoh dan sudah dipertemukan, sudah sepantasnya melangsungkan pernikahan, karena menikah adalah bagian kesunahan untuk memperbanyak keturunan di bumu. Pernikahan pun akan terasa nikmat apabila mulai dari sekarang sudah dipersiapkan, persiapan kedua pengantin, resepsi persiapan menentukan nama anak.

Biasanya, persiapan bagi banyak pengantin adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum benar-benar menikah. Seperti, mulai menata niat dalam hati, memperbaiki diri, dan mencari pakaian untuk resepsi sejatinya sudah selayaknya dipikirkan mulai sekarang. Agar tidak ada kerepotan menjelang pernikahan yang sudah tinggal menghitung hari tersebut. Berikut ini, Spesialis Cinta akan memberikan cara mempersiapkan pernikahan mulai sejak dini.
Sumber foto: marriageideals.com
1. Niat Sungguh-sungguh

Mulai saat ini, kamu harus berniat sungguh-sungguh untuk menyudahi masa lajang. Niat ini juga kamu gunakan untuk memperbaiki diri mulai dari sekarang, jika saat ini masih sering melirik orang lain, secepatnya hilangkan kebiasaan itu. Karena kamu akan menikah dan hanya istri/suami kamu yang ada di hati. Sadari juga, bahwa semua orang itu sama, jadi kamu tak akan dengan mudah melihat kelebihan orang lain. Lihatlah calon kamu dengan sebaik-baiknya.


2. Hilangkan Egoisme

Hilangkan juga sikap egois kamu mulai sekarang. Pernikahan bukan seperti permainan anak-anak yang bisa diulang jika salah dan disudahi jika sudah bosan. Sekali lagi, ini pernikahan, bukan permainan. Egoisme kamu hanya memperburuk kelangsungan pernikahan jika sampai detik ini tak juga kunjung menghilang. Segeralah hilangkan.


3. Fokus dan Hilangkan Penganggu

Kamu juga wajib berfokus pada masa depan menikah dengannya. Karena banyak kasus, orang yang mau menikah itu banyak sekali godaannya, seperti mengenal lawan jenis yang lebih menggoda. Ini biasa terjadi bagi kebanyakan orang, dan kamu harus tetap fokus, karena pengganggu itu hanyalah syaitan yang dibuat untuk menguji rasa cintamu.


4. Modal Menikah

Semua kebutuhan pernikahan harus mulai kamu persiapkan. Apalagi bab modal menikah, biasanya akan memakan budget tinggi yang tak pernah terpikirkan oleh banyak orang. Kalau bisa, modal menikah itu harus lebih banyak daripada kalkulasi kamu saat ini.


5. Cari Tahu Adat Budaya Pernikahan

Setelah semua persiapan batin kamu siap, segera cari tahu adat istiadat calon. Karena setiap tempat itu berbeda, apalagi menikah sama orang asing/luar negeri. Jadi, segera hubungi pasangan, apakah ada syarat dan ketentuan saat melangsungkan pernikahan agar kamu tidak merasa sungkan.


6. Membeli Maskawin dan Lain-lain

Saat ini, kamu (pria) juga sudah harus membeli mas kawin untuk mentalikasihkan pasangan kamu itu. Ini sebagai simbol bahwa kamu memang menginginkan dia menjadi bagian hidupmu, dan dengan cara memberinya mas kawin itulah tanda nyata kamu akan menikahinya. Kamu juga harus persiapkan untuk membeli persyarata lain, seperti kado, dan makanan penyaji. 


7. Mengundang Tamu

Persiapan mengundang siapa saja yang akan diundang, mulai dari teman, saudara, mantan atau sebagainya. Undangan ini juga sebagai bahan penyiar agar pernikahan kamu itu tak menjadi pernikahan sembunyi-sembunyi.


8. Melangsungkan Pernikahan

Barulah kamu akan merasakan pernikahan dengan hikmat bersama pasangan yang dihadiri oleh orang-orang yang menebarkan senyumnya pada kalian berdua. Kalian juga akan merasakan kenikamatan dalam menjalani pernikahan itu apabila semua persiapan menikah sejak dini di atas itu sudah terpenuhi semua. Semoga sakinah mawaddah dan warrahmah.


Baca Juga :