Cara Tepat Mengatasi Rasa Sakit Hati

Rasa sakit hati sangat rentan dialami oleh para kawula muda yang tengah memadu kasih bersama pasangannya; pacaran. Memang benar jika masa pacaran saling membagi kebahagiaan, tetapi juga membagi rasa sakit berlebih ketika telah masanya putus cinta. Dampak buruk pun akan segera dirasakannya seketika itu juga kalau belum punya ilmu cara tepat mengatasi rasa sakit yang dia alami.

Untuk mengatasi semua kegelisahan hati kamu yang sedang merana karena diputusin pacar. Berikut ini, Spesialis Cinta akan memberikan cara tepat mengatasi rasa sakit hati berlebihan yang saat ini sedang kamu rasakan. Supaya kedepannya bisa menjadikan kamu lebih waspada pada hal-hal yang mempersulit kamu dari move on pacar.
Cara Tepat Mengatasi Rasa Sakit Hati
Foto via: conditions.healthguru.com
1. Curhat Pada Orang Tepat

Cobalah mengeluarkan semua uneg-uneg pada temanmu, sahabatmu atau keluargamu. Dengan membagi rasa sakit hati itu pada orang yang tepat, akab bisa mengurangi beban kesedihanmu. Tetapi, carilah orang tepat yang bisa mengatasi masalah kamu, bukan malah menambah rasa sakit hati semakin terpuruk. 


2. Meng-ikhlaskan Hati

Kamu juga bisa belajar meng-ihlaskan hati untuk disakiti pasangan. Bahwa, ikhlas itu sangat sulit dilakukan oleh orang yang tak pernah belajar dari kesedihannya, dan menerima kesedihan itu padanya. Jika kamu sudah mampu ikhlas menerima rasa sakit hati itu, kamu akan menjadi manusia yang tak akan pernah dihianati oleh siapapun.


3. Bersabar Lebih

Selain mengatasi rasa sakit dengan cara meng-ihlaskan hati. Cara selanjutnya adalah dengan bersabar atas perlakuan orang tersebut. Hanya dengan kesabaranlah, kamu tak akan membenci diri kamu dan dia yang menghianatimu. Gunakan kesabaran itu sebagai media pembelajaran untuk tidak lagi dihianati.


4. Mensyukuri Sesuatu

Walaupun kamu sudah tersakiti, tetapi lebih baik mensyukuri apa yang sudah kamu berikan dia selama ini. Memang benar jika saat ini dia menyakiti kamu, tetapi lihatlah pengorbanan, perhatian, dan kasih sayangnya padamu waktu itu. Tak usah terlalu membencinya, justru kalau membencinya, kamu akan sulit memaafkannya.


5. Maafkanlah Dia

Ini dia yang paling hebat. Memaafkan orang yang telah menyakiti. Rasa sakit hati yang selama ini sudah kamu rasakan, maafkanlah. Tutup semua kesalahannya agar hatimu bersih. Dan segeralah bangkit untuk melihat masa depan lagi, mencari lagi orang yang benar-benar mencintaimu.



6. Mulailah Bersemangat

Sekiranya kamu sudah tak lagi muram, mulailah bersemangat untuk kembali menjalani hidupmu yang pernah terkubur akibat rasa sakit hati itu. Tunjukkan pada dia yang telah menyakitimu, tunjukkan pada dia bahwa kamu akan bahagia tanpa bersamanya.


7. Belajar Untuk Lebih Baik Lagi

Cara mengatasi rasa sakit hati diatas, adalah sebagai bagian dari pembelajaran kamu hidup di dunia ini. Dengan pengalaman sakit hati, kamu tak akan pernah lagi terperosok jatuh lagi. Anggaplah dia yang menyakiti hati kamu itu adalah orang yang telah memberikan pengalaman terbesar dalam hidupmu. Karena dialah kamu bisa sekuat ini.


Baca juga: Berhentilah Pacaran dan Kembalilah Berjuang.

Baca Juga :