10 Penyebab Perceraian Sering Terjadi di Rumah Tangga

Di Indonesia, banyak kita dengarkan kasus perceraian. Tak hanya kalangan menengah keatas, tetapi juga kalangan di bawah. Bukan hanya bangsawan, selebritis, tetapi rakyat biasa juga mengalaminya. Semua itu menandakan jika hidup berumah tangga memang sangat sulit untuk dilakukan jika tak mengerti ilmunya.

Sangat disayangkan sekali jika hubungan pernikahan yang sudah dibangun atas nama cinta, kini harus putus ditengah jalan. Bukan hanya suami dan istri yang terkena imbasnya, namun anak dan kedua keluarga pasti memikul beban yang berat. Berikut ini, Spesialis Cinta akan memberikan 10 penyebab perceraian sering terjadi di Rumah Tangga.
10 Penyebab Perceraian Sering Terjadi di Rumah Tangga
Foto via: huffingtonpost.com
1. Selingkuh

Perselingkuhan menjadi salah satu faktor utama penyebab perceraian. Karena penghianatan, berarti ketidaksetiaan pasangan telah terjadi. Hal berbahaya inilah yang membuat pernikahan selama ini kandas di tengah jalan. 


2. Lemah Iman

Jika dalam keluarga masih lemah imannya, baik hubungan Tuhan dan sesama manusia, maka mereka dengan mudah mendengar bisikan syaitan untuk berbuat ingkar. Maka, ketika mencari pasangan, hendaknya melihat pula keimanannya.


3. Lemah Ekonomi

Selain selingkuh, kelemahan ekonomi juga sangat menentukan perceraian. Karena menurut agama, fakir sangat dekat dengan kafir. Begitu juga memutuskan hubungan dirinya dengan Tuhannya dan keluarganya.


4. Lemah Akal

Lemah akal di sini dimaksudkan karena mereka tak bisa berfikir sehat. Mana yang baik dan mana yang buruk. Semua fikirannya itu hanya berdasarkan nafsunya semata. 


5. Komunikasi Pasif

Walaupun keduanya di rumah, belum tentu hubungan komunikasi baik. Apalagi jika sudah bermain sosial media, maka dengan sendirinya mereka berdua tak akan menyadari jika komunikasi mereka sudah tak baik. Ini sangat bahaya sekali untuk keluarga yang terlalu bermain sosial media.


6. Hilang Rasa Perhatian

Hilangnya rasa perhatian biasanya karena ada orang ke tiga, jika tidak ada orang lain, biasanya juga karena anak. Dan perhatian itu hanya muncul karena ada suatu hal tertentu, misalnya ingin berhubungan intim saja.
10 Penyebab Perceraian Sering Terjadi di Rumah Tangga
Foto via: dailymail.co.uk
7. Nafkah Batin

Karena pasangan sudah tak bisa memberikan nafkah batin lagi, karena sakit yang dia derita misalnya, diabetes. Pasti sangat menyiksa sekali. Selain tak bisa memuaskan batin, pasangan itu akan kehilangan rasa cintanya.


8. Kekerasan

Kekerasan rumah tangga juga bagian dari penyebab percerain yang sering terjadi di Indonesia. Kekerasan itu muncul bisa banyak sebab, mungkin karena asli sifatnya, kurangnya perhatian, kurangnya ekonomi. Ini juga bagian dari ketidakbaikan dari pasangan itu sendiri.


9. Terlalu Sibuk Diluar

Kesibukan karir yang menuntutnya lebih banyak menghabiskan waktu di luar, berakibat fatal bagi rumah tangga. Pasangan merasa tak diperhatikan dan akhirnya ingin sekali mencari seseorang yang bisa menemaninya setiap saat.


10. Hilangnya Kepercayaan Pada Pasangan

Kehilangan kepercayaan akibat kesalahan-kesalahan terbukti sangat banyak di dalam hubungan keluarga. Kepercayaan itu tak akan hilang dari persepsi pasangan jika tak lekas di benahi. Segeralah benahi semua kesalahan yang pernah terjadi, dan janjikan tak akan mengulanginya lagi.


10 penyebab perceraian yang sering terjadi di atas, semoga menjadikan wawasan tersendiri bagi kita semua. Agar bisa lebih menjaga dari berbuat tidak baik yang akhirnya berujung pada perceraian. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :