10 Cara dan Tips Membina Keluarga Yang Harmonis

Tak ada yang bisa memastikan jika hidup berkeluarga terasa nyaman, indah, dan harmonis sampai usia tua. Benar juga jika dalam masa awal perjalanan setelah menikah akan menuai banyak sekali pelajaran hidup, mulai dari perbedaan pemahaman, perbedaan niat, dan perbedaan mendidik anak. Maka dengan sangat kurangnya pengetahuan tentang membina keluarga yang harmonis, mereka akan mudah kesulitan menjalani kehidupan berumah tangga.

Memang benar, jika cara membina keluarga yang harmonis sangatlah mudah diucapkan, tetapi sulit untuk dilakukan. Namun, jangan berputus asa, karena Tuhan selalu bersama orang-orang yang mau mencoba dan berusaha. Berikut ini, Spesialis Cinta akan memberikan 10 cara dan tips membina keluarga yang harmonis dalam berkeluarga.
10 Cara dan Tips Membina Keluarga Yang Harmonis
Foto via: realtor.com
1. Saling Mengerti Satu Sama Lain

Sikap saling mengerti ini bisa didapatkan dari kedewasaan. Jika hidup anda dewasa, maka mengerti satu sama lain itu sudah tentu ada di dalam bagiannya. Lihat saja mereka yang kurang dewasa diri. Atau anda bisa lebih mendewasakan diri sedari saat ini.


2. Aktif Berkomunikasi

Berkomunikasi adalah langkah paling penting di keluarga. Jangan biarkan komunikasi hanya sebatas intermezo saja dalam rumah tangga anda. Jika anda terlalu banyak bermain sosial media, sama saja komunikasi anda mati dengan pasangan. 


3. Gunakan Waktu Bermesraan Bersama

Selalu pergunakan waktu untuk bermesraan untuk pasangan. Waktu itu layaknya pedang, jika anda tak bisa pergunakan waktu itu, anda akan kehilangan waktu selam-lamanya.


4. Nafkah Lahir dan Batin

Jika anda pria, berikanlah pasangan anda nafkah lahir dan batin terus menerus. Jangan hanya memberi nafkah batin, tapi anda sama sekali tak memberinya lahir. Sebab, hal ini banyak terjadi di kalangan remaja yang sudah menikah dan masih kurang dewasa sampai saat ini.


5. Memiliki Tujuan Sama

Tentukan tujuan kehidupan anda bersama pasangan. Tujuan anda jelas. Jelas-jelas membina rumah tangga harmonis sampai tua. Sampai anak cucu. Jika sampai saat ini anda belum menerima tujuan jelas, segeralah pikirkan bersama pasangan anda.
10 Cara dan Tips Membina Keluarga Yang Harmonis
Foto via: terranova2013.be
6. Jangan Biarkan Ada Orang Lain

Sangat berbahaya jika ada orang ketiga dalam keluarga kecil anda. Baik orang lain (selingkuh), tetangga, bahkan keluarga besar anda sendiri. Ini sangat frontal jika mereka ikut-ikutan mengatur langkah hidup anda. Mereka cukup memberi motivasi dan anda yang menjalani.


7. Jangan Terlalu Mencintai Semuanya

Anda jangan terlalu mencintai dunia, mencintai pasangan, mencintai barang-barang anda, dan mencintai apapun di kehidupan anda. Karena, hidup ini sementara, semuanya sementara, jadi jangan menganggap semuanya itu kekal abadi.


8. Infaq dan Sedekah Untuk Kaum Du'afa

Anda jangan pernah melupakan para kaum fakir miskin dan du'afa di sekitar. Karena merekalah anda bisa tersenyum dalam hidup, bisa membagi kebahagiaan bersama mereka. Sisihkan uang untuk mereka dan muliakan mereka yang kurang mampu. Jangan terus menerus menengok ke atas, hingga anda lupa pada mereka yang dibawah.


9. Bimbing Anak Bersama-sama

Anak anda hidup dalam pengaruh keluarga. Jika keluarga baik, maka baik pula anak. Jadi, bimbinglah anak bersama pasangan agar di saat anda tua, si anak akan membalas budi orang tua dan mendo'akan anda jika sudah tiada. 
10 Cara dan Tips Membina Keluarga Yang Harmonis
Foto via: theoakvillebuzz.com
10. Berdo'a dan Beriman Pada Tuhan

Hal yang tak boleh ketinggalan dalam membina keluarga yang harmonis adalah berdo'a dan beriman kepada Tuhan. Anda hidup atasNya dan mati atasNya pula. Jadikah keluarga yang beriman kepadaNya agar hidup selalu dilindungi olehNya. 


10 cara dan tips membina keluarga yang harmonis ini bisa memberikan suri tauladan baik. Bukan hanya untuk dipahami, tetapi dijalankan bersama-sama keluarga. Terus bina keluarga untuk hidup barokah atas naungan Tuhan Semesta Alam.

Baca Juga :