Kerugian Akibat Pacaran

Masyarakat umum memandang pacaran adalah sebuah tradisi budaya barat yang serta merta merakyat di Indonesia. Pun bagi kaum remaja yang sampai saat ini selalu mencari cara agar bisa berhubungan dengan lawan jenis. Pacaran. Walaupun ada sebagian orang yang mengatakan bahwa, pacaran itu haram. Tetap saja masih banyak kawula muda memilih untuk melakukan hubungan pacaran tersebut.
Sumber foto: mynotesforenglish.blogspot.com
Sejatinya, pacaran memang memberikan keuntungan dan manfaat. Namun, ada nilai negatif yang di dapatkan dari hasil hubungan belum sah menurut agama dan negara itu. Berikut ini, Spesialis Cinta akan mengupas kerugian dan akibat dari pacaran.


1. Menyia-nyiakan Waktu

Benar sekali jika berpacaran hanya menghambat produktivitas masa remaja. Hampir setiap hari bersama pacar dan komunikasi sama pacar yang akhirnya waktu terbuang sia-sia hanya karena sang pacar. Karena waktu seperti pedang, jika salah menggunakan bisa mengiris si empunya pedang tersebut.


2. Produktivitas Menurun

Seharusnya, masa muda remaja dijadikan alat untuk menggempur semua kegiatan bernilai positif. Semua kegiatan itu akan menambah pengalaman guna menunjang masa depan agar lebih baik. Jika digunakan hanya untuk pacaran, berarti sama saja mengurangi masa produktivitas.


3. Banyak Dosa

Berhubungan terlalu dekat sampai harus memegang lawan jenis adalah tindakan negatif pada pacaran. Banyaknya dosa akibat pacaran anak jaman sekarang pun tidak hanya berlaku pada si pelaku pacaran saja, melainkan orang tua juga terkena dampaknya. 


4. Uang Jajan Terkuras

Dijamin uang akan cepat terkurang jika terus-terusan pacaran. Untuk kencan, beli pulsa, ngasih kado pacar dan keborosan lain akibat pacaran itu sendiri. Terkecuali bagi pria yang memiliki banyak uang untuk menggait para wanita, seperti playboy
Sumber foto: moblo.pl
5. Rentan Galau dan Sakit Hati

Memang galau akibat pacaran sudah tersebar dimana-mana, dan seringnya menjangkit kaum muda labil. Padaha, dari segi kesehatan, galau sangat berbahaya bagi kesehatan fisik dan jasad. Begitu juga rentan sakit hati akibat putus hubungan dengan sang pacar.


6. Sukar Belajar

Efektivitas pembelajaran akan hilang manakala digunakan untuk berpacaran. Mulai dari pagi sampai menjelang pagi, anak muda yang terjangkit pacaran akan terus dilanda asmara untuk saling berhubungan, baik lewat handpone atau media sosial lainnya.


7. Sedikit Teman

Pacar akan mengalahkan teman atau kawan. Saat temannya ingin mengajak berjalan-jalan, pasti pacarnya akan menghalanginya dan segera membatalkan jalan-jalan bersama temannya itu.


8. Privasi Hilang

Privasi yang seharusnya tidak diketahui orang lain akan muncul dan memicu konflik saat masa pacaran itu sudah putus. Jika sang mantan pacar itu bisa melupakannya dengan baik, maka tidak akan ada privasi yang dibongkar atas kejelekan-kejelekannya tersebut.


*****


Walaupun benar, jika memiliki pacar bisa memberikan keuntungan yang berlebih ketimbang menjadi jomblo. Tetapi harus dimengerti dan pahami, jika pacar juga bisa membuat rasa sakit hati mendalam jika suatu saat tidak berjodoh. Biasakan berpacaran dengan baik dan benar supaya tidak menyesal di hari mendatang.

Baca Juga :