8 Cara dan Tips Menciptakan Keluarga Harmonis

Atmosfer rumah tangga seringkali menjadi momok menakutkan bagi sebagian keluarga, tentunya keluarga yang baru menikah. Adanya perbedaan pendapat sering memicu konflik serius di dalam hubungan suami-istri. Namun keharmonisan bisa dirasakan bagi mereka yang sudah tahu ilmunya membina rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.
Cara dan Tips Menciptakan Keluarga Harmonis
Sumber foto: gayabunda.com
Mewujudkan keharmonisan rumah tangga tidak seperti berpacaran, tidak juga semudah membalikkan telapak tangan. Membutuhkan usaha dan perjuangan untuk sampai ke titik tersebut. Berikut ini, Spesialis Cinta sampaikan 8 cara dan tips menciptakan keluarga harmonis.


1. Kuatkan Niat

Berniat, berarti menyengaja untuk berbuat sesuatu yang dibarengi niat dalam hati. Sepertihalnya menciptakan keharmonisan rumah tangga, niat harus terus di ulang-ulang agar selalu istiqomah, sehingga langgeng hingga tutup usia. Mereka yang berhasil meniatkan diri, selalu mengubah kesedihan menjadi kebahagiaan, walaupun kesedihan itu kuat menerjangnya.


2. Mengenali dan Memahami

Manusia sejatinya mengalami banyak perbedaan saat umur semakin bertambah, mereka akan semakin berbeda dari tahun ke tahun. Untuk itu, diharapkan agar saling mengenal dan memahami sikap dan perilaku pertumbuhan itu. Ketahui keadaan dan berusaha semua hal yang berkaitan tentang pasangan, supaya tercipta keharmonisan di keluarga.


3. Komunikasikan Perasaan

Pasangan suami dan istri adalah patner rumah tangga yang sudah dijanji untuk hidup bersama baik suka maupun duka. Adakan komunikasi perasaan agar mengurangi beban fikiran, serta terjalin rasa kepercayaan bagi kedua belah pihak. Suami istri memang seharusnya membagikan kegembiraan dan kesedihan, agar semakin kuat jalinan kasih sayang diantara mereka.


4. Saling Menghormati

Penghormatan kepada suami itu memang sangat penting, begitu juga menghiormati istri. Kehormatan itu diucapkan dan dilakukan melalui perbuatan nyata, bukan hanya sekedar teori saja. Jaga harkat dan martabat yang sudah dijalani selama ini, karena hal itu akan menumbuhkan rasa hormat menghormati sampai tutup usia nanti.


5. Kerjasama Mengatasi Persoalan

Banyak persoalan hidup menerjang pasangan suami istri sampai saat ini, bahkan dari awal berumah tangga sampai usia tua pun selalu ada saja masalah. Jika masalah itu bisa diatasi satu orang saja, itu mudah. Namun, butuh kedua belah pihak agar bisa cepat teratasi. 


6. Jalankan Tugas Masing-masing

Tugas suami harus dikerjakan suami, tugas istri pun demikian. Jika pembagian tugas tidak jelas, bisa-bisa ada hal yang merusak keharmonisan rumah tangga. Walaupun mereka berdua bisa bertugas bebarengan, tapi harus ada kejelasan. Misalnya, tugas istri memasak, walaupun suami pun bisa, tetapi yang wajib pertama kali adalah istri.


7. Saling Terbuka

Terbukalah kepada pasangan agar tidak ada kecurigaan yang mengakibatkan perpecahan. Sampaikan uneg-uneg dan pemikiran tentang apapun yang dihadapi, kemudian cari solusi. Itulah keuntungan dari saling terbuka, semua masalah menjadi mudah saat suami istri bersama-sama menghadapinya.


8. Kesabaran

Hidup pasti ada banyak masalah, silih berganti dan pasti akan ditemui. Hanya kesabaran yang bisa menyelesaikan masalah itu setelah berbagai upaya dilakukan, walaupun tidak bisa menyelesaikan seluruhnya. Sabarlah, karena hanya orang penyabar yang mampu menjalani kehidupan hingga terjalin keluarga harmonis.

Baca Juga :