Cara dan Tips mengobati Galau

Harapan manusia memang tidak selalu berbanding lurus dengan harapan, serta tidak selalu berada di jalur yang diinginkan. Rasa kecewa, bimbang, depresi yang mengakibatkan galau itulah jalannya kehidupan. Siapa saja pasti pernah mengalaminya, tidak pandang apakah dia seorang presiden, menteri, dosen, mahasiswa bahkan petani sekalipun.

Sumber foto: loverofsadness.net
Jika galau itu dibiarkan berlarut-larut, bisa membahayakan psikis dari si penyandang galau tersebut. Bahkan, menjadi fatal karena bisa memutus saraf di otak. Untuk itu, Spesialis Cinta akan memberikan cara dan tips mengobati galau agar terbebas dari galau berkepanjangan.


1. Utarakan Masalah

Bicarakan keluh kesah kepada orang yang sekiranya mampu mengobati kegalauan itu, tetapi jangan asal memilih orang, bisa-bisa kondisi kegalauan itu bertambah banyak. Dengan mengutarakan masalah, berarti sudah mencoba untuk keluar dari zona galau, atau bisa juga mencari psikiater atau orang penyabar untuk diajak berunding, kemudian tanyakan solusi kongkrit dari semua permasalah itu.


2. Berlibur

Kata orang-orang, "Wajah kamu pucet, mungkin kurang piknik" memang benar, bekerja terus menerus hanya akan membuat beban dan depresi bertambah, apalagi dengan pekerjaan yang super sibuk. Berlibur adalah solusi bagus untuk sekedar tidak memikirkan sejenak beban di pikiran. Berlibur pun menjadi hal paling sehat untuk kesehatan jiwa manusia. 


3. Mengheningkan Cipta

Cobalah henigkan pikiran dari keramaian dunia, waktunya bisa siang ataupun malam, lebih tepatnya di malam hari. Heningkan semua keadaan itu kemudian simpan di memori otak dan segera tarik nafas dalam-dalam dari mulut, tahan dan rasakan kesejukan dipikiran. Cara ini seperti yoga, yakni merefleski diri sendiri.

Sumber foto: fatgirltales.net
4. Membaca dan Menulis

Sangat positif menjadikan kebiasaan menulis dan membaca sebagai penghilang galau. Selain terbebas dari galau, orang yang suka membaca menulis juga menambah wawasan keilmuannya, sehingga segala bentuk masalah akan mudah terpecahkan dengan pengetahuannya itu.


5. Instropeksi Diri

Menginstropeksi pada diri sendiri sangat dibutuhkan agar apa yang dilakukan dan yang akan dikerjakan tertata dengan baik. Pun untuk menghilangkan galau, instropeksi diri menjadi wadah bagi orang galau untuk menyadari kekurangannya, sehingga terlihat galau itu sebagai cobaan yang harus dia lalui.


6. Berserah Diri

Diantara cara dan tips mengobati galau di atas, paling penting adalah berserah diri. Tidak menggantungkan pada orang lain, melainkan pada Tuhan yang menciptakan semuanya, termasuk masalah hidup. Semua orang pasti pernah terjangkit galau, tetapi hanya orang yang berserah diri yang tidak pernah mengalaminya.

Baca Juga :